Searching for the truth … Read the Qur’an

Penting!!!! Nilai Numerik Huruf-huruf Arab

Posted by alisaid on 19 October 2007

MENGENAL NILAI NUMERIK DARI HURUF-HURUF ARAB 

Oleh: Ali Said

Sebelum membahas tentang nilai-nilai numerik dari abjad arab, perlu kiranya penulis jelaskan bagaimana urutan abjad arab yang sebenarnya. Penulis yakin bahwa hampir setiap muslin telah hafal huruf-huruf Arab (huruf hijaiyah), tetapi mungkin hanya segelintir orang yang mengetahui urutan abjad yang benar. Kalau kita hafal abjad latin dari A sampai Z, maka penulis berfikir bahwa sebagai muslim yang pedomannya Al Qur’an yang menggunakan bahasa Arab (atau ditulis dengan huruf Arab), tidak ada salahnya mengetahui juga urutan abjad Arab secara benar. Kalau selama ini kita mengenal abjad Arab dari ALIF sampai YA, itu adalah abjad Arab yang disusun dan dikelompokkan menurut kemiripan bentuknya.  Bagaimana susunan atau urutan abjad Arab yang sebenarnya? Urutan huruf Arab yang sebenarnya adalah dari ALIF sampai GHAIN. Penulis sampai sekarang masih ingat sewaktu masih dibangku SD Guru mengajarkan urutan abjad Arab beserta nilai numeriknya (cuma waktu itu tidak ada penjelasan tentang kegunaannya) melalui  sebuah syair sebagai berikut:            

A-BA-JA-DUN                      HA-WA-ZUN            

HA-THO-YA-KUN                LA-MA-NUN           

SA-NGA-FA-SHUN             QO-RO-SYUN           

TA-TSA-KHO-DZUN           DHO-DHLO-GHUN 

Dari syair tersebut diketahui urutannya adalah ALIF, BA. JIM, DAL, HA (untuk kata Arab Huwa), WAU, ZA, HA (untuk kata Arab Hayyun), THO, YA, KAF, LAM, MIM, NUN, SIN, ‘AIN, FA’, SHOD, QOF, RO’, SYIN, TA’, TSA’ (untuk kata Arab Tsa-laa-stah), KHO’, DZAL, DHOD, DHLO (untuk kata Arab Dhluhur), GHOIN. Kita mungkin tidak pernah berfikir bahwa kata abjad diambil dari 4 huruf Arab pertama. Setelah mengetahui urutan abjad Arab yang sebenarnya dan hafal akan urutannya, maka pembaca nantinya akan mudah dalam menghafal nilai numerik dari setiap abjad Arab.  

Apa itu nilai numerik? Angka yang kita kenal sekarang yaitu (1, 2, 3, dst) sebenarnya dikenal belum lama oleh manusia. Sebelumnya untuk kepentingan perdagangan misalnya orang melakukan penghitungan berdasarkan simbol atau karakter yang merepresentasikan sebuah angka. Dalam sejarah dijumpai beberapa representasi yang berbeda untuk angka-angka atau bilangan dan untuk proses dasar penghitungan. Pada awalnya dijumpai angka-angka yang diucapkan dan angka-angka yang disimbolkan dengan jari tangan (diindikasikan oleh posisi tangan dan jari-jari). Selanjutnya untuk pencatatan secara permanen dan penghitungan diperlukan apa yang disebut sebagai “NUMERAL” yang merupakan sebuah simbol atau karakter yang digunakan untuk mewakili sebuah bilangan. Dalam sistim Romawi kita telah mengenal angka-angka Romawi dan masih sering digunakan pada saat sekarang. Angka 1 dalam sistim Romawi disimbolkan dengan huruf I. Dan juga simbol-simbol Romawi untuk angka-angka lainnya seperti V=5, X=10, L=50, C=100, D=500, dan M=1000. Misalnya untuk menuliskan 164 disimbolkan dengan CLXIV, dan untuk menuliskan tahun 1988 dengan simbol MCMLXXXVIII. Demikian juga untuk huruf-huruf Arab, Yunani, Hebrew dan lainnya juga digunakan sebagai ‘numeral’. Nilai numerik dari setiap huruf Arab dapat dilihat pada table di bawah.

Nilai numerik dari setiap huruf arab (abjad Arab) 

bilangan.jpg

Sebagai penutup, penulis memperkenalkan nilai numerik ini adalah dalam rangka untuk bisa mengajak pembaca memahami baik “mathematical miracle” maupun “numerical miracle” dalam Al Qur’an, dan penulis harapkan bahwa sebelum membaca tulisan-tulisan yang berkaitan dengan keajaiban Al Qur’an bersifat matematis, kiranya pembaca memahami benar konsep ini.

Perlu juga dijelaskan di sini bahwa konsep “nilai numerik” TIDAK SAMA dengan “numerologi”. Numerologi sering dikaitkan dengan angka-angka tertentu yang digunakan misalnya untuk meramal seseorang atau meramal kejadian yang akan datang, sementara “nilai numerik” adalah “nilai yang melekat pada simbol atau huruf-huruf” yang tidak ada kaitannya dengan ramal meramal. Beberapa tulisan yang terkait dengan “nilai numerik” pada web site ini tidak ada satupun yang berhubungan dengan masalah ramal meramal, tetapi sepenuhnya merupakan penjelasan tentang keajaiban matematis yang melekat pada Al Qur’an. Jadi sama sekali tidak ada unsur syirik dalam tulisan di website ini.

Wallaahu a’lam bish-shawab.

About these ads

32 Responses to “Penting!!!! Nilai Numerik Huruf-huruf Arab”

  1. [...] setiap huruf dikenal sebagai “nilai numerik (numerical value atau gematrical value)”. Click link ini untuk mengetahui lebih jauh tentang nilai [...]

  2. [...] merupakan terjemahan dari kata “Rafii-u al-darajaat”. Kata “Rafii-u” menyatakan ketinggian. Lihat kembali tulisan tentang nilai numerik huruf Arab, dan hitung total nilai numerik dari kata “Rafii-u” (yang terdiri dari huruf-huruf Ra, Fa’, [...]

  3. [...] untuk dicermati tentang besi. Perlu dicatat, bahwa pembaca diharapkan terlebih dahulu paham tentang nilai numerik dari huruf arab (click link ini untuk pembahasan apa itu nilai numerik), karena fenomena matematika yang akan [...]

  4. harun said

    Assalamualaikum wr wb. Mas Said.
    Saya ingin berkenalan dengan suadaraku said saya bisa dihuibungi 02276062708 atau email gusiful@yahoo.com. Saya, Saiful Bahrie. Jl Randusari VII no 70. Antapani Mas Bandung. Kebetulan saya juga sedang mengembangkan trainning berbasic al quran Numerik untuk pengembangan SDM. Judul Trainning kami Psykologi Al Quran dalam perpektif Al Quran Numerik. bagaiaman saya bisa dapat tulisan-tulisan andsa atau anda bisa mendaptkan buku anda.saya juga al kahmdulillah telah menerbitkan buku berjudul HSQ. kapan bisa ketemu.trim

    Waaalaikum salam
    Salam kenal juga dari saya. Sepertinya menarik sekali buku HSQ yang Bapak tulis. Mudah-mudahan saya bisa sempat membacanya.

    Wass. ww
    Ali

  5. Saiful Bahrie said

    Assalamulaikum wr wb. Mas Said Apa Kabar ? saya ingin kenal dengan anda.untuk sharing perihak keilmuan nurical alquran. Saiful Bahrie gusiful@yahoo.com. mohon alamatnya.

    Waalaikum salam

    Kabar saya baik-baik saja dan sedikit sibuk dengan tesis saya. Dengan senang hati untuk bisa sharing ilmu. Email: alisaidma@yahoo.com.

    Wass. ww

    Ali

  6. Assalamualikum Wr wb .
    Mas Gimana Lagi Sibuk, Insya Allah saya akan kirim artikel psikologi Al Quran Vs Psikologi Barat oh ya saya sekarang telah meilki wordpresgusiful

  7. Ass

    Mas artikel anda baik sekali untuk kemajuan umat jika ada yang komentar syirik dia hanya memosisikan Al Quran sebagai figih saja, tidak mau melihat al quran itu bagai keilmuan yang tidak hanya seluas samudra tinta. saran buat mas ali said itu wordpressnya gelap dibuat terang ya .trim

  8. alisaid said

    Buat Mas Saiful Bahrie

    Waalaikum salam,

    Insya Allah saya akan mampir di blog anda.
    Saya telah coba dengan desain yang lain mudah-mudahan lebih jelas dan lebih terang sehingga mudah dibaca. Terima kasih atas sarannya.

    Wass. ww
    Ali

  9. [...] Posts Penting!!!! Nilai Numerik Huruf-huruf ArabMATAHARI TELAH TERBIT DARI BARAT?Tinjauan Tafsir Beberapa Ayat Al-Qur’an yang Terkait Masalah Sains [...]

  10. Salam Sukses buat

    Semoga Allah Anugrahkan Selendang kehormatan buat pengkaji Al Quran seperti Anda amin. untuk sharing dan saling melengkapi saya undang kepada pecinta kajian Al quran untuk akses ke http://www.gusiful.co.nr dan artikel lain bisa di cari gusiful, psikologi AL Quran dan Al quran centre melalui geogle
    trim

    wassalam wr wb

  11. misbach said

    tulisannya sangat menarik,aku juga punya tulisan tentang mmatematika alquran yang berhubungan dengan tahun kejadian nabi. Boleh dilihat di http://www.kapulu.wordpress.com

    Ass. ww.
    Trims, Insya Allah akan saya kunjungi blog anda.
    Wass. ww
    Ali

  12. ferry said

    Assalamualaikum.
    Pak Ali, bisa dijelaskan asal muasal nilai alphanumerik huruf Arab tersebut (mengapa urutannya jadi begitu) secara sejarah atau aspek lain sehingga urutan kodenya jadi seperti itu.

    A-BA-JA-DUN HA-WA-ZUN
    HA-THO-YA-KUN LA-MA-NUN
    SA-NGA-FA-SHUN QO-RO-SYUN
    TA-TSA-KHO-DZUN DHO-DHLO-GHUN

    Apakah bangsa Arab terdahulu telah memanfaatkan kode alphanumerik ini untuk suatu keperluan tertentu? ada referensi yang bisa saya acu sebagai bahan bacaan?

    Terima kasih

    Wa’alaikum salam ww.
    Kode alphanumerik ini dahulunya digunanakan sebagai simbol angka yang sering digunakan untuk urusan perdagangan, sebelum simbol angka seperti 1, 2, 3, 4, dst yang kita kenal sekarang, dikenal pada waktu itu, dan urutannya ya seperti itu. Orang mengenalnya sebagai abjad yang merupakan empat huruf pertama.
    Mengenai referensi sebenarnya banyak tetapi mungkin kebanyakan dalam teks Inggris. Saya pernah meminjam di salah satu perpustakaan umum di Australia, tetapi saya tidak mencatat judulnya. Karena saya sekarang sudah berada di Indonesia, saya minta maaf tidak bisa memberi info mengenai judul buku tersebut.

    Wass. ww
    Ali

  13. Anonymous said

    Assalamu’alaikum wr wb. Masya ALLAH, br skrg saya baca blog ini. Luar biasa. merinding ht saya menghayatiny.

  14. ferry said

    Menurut hemat saya Bapak Ali Said lebih baik membukukan tulisan mengenai nilai numerik Qur’an ini, penting Pak karena bapak memiliki latar belakang ilmiah yang cukup kuat, Pengetahuan alphanumerik AL QURAN dan SAINS inilah HIKMAH-HIKMAH milik umat Islam yang HILANG..yang harus kita ambil kembali.

    Saya juga mendapati beberapa kalangan pesantren di pelosok yang ternyata juga tahu tentang metode ini, akan tetapi terbelokan kearah yang menggelikan, misalnya menghitung peluang terpilihnya Calon Kades atau Caleg dari nilai numerik namanya, dan anehnya bisa diprediksi si calon akan menang atau kalah dalam pemilihan. “Prediksinya” biasanya tepat.

    Saya tidak bisa bersuudzon bahwa santri atau ustad tersebut melakukan klenik dengan bantuan Jin karena saya tidak memiliki pengetahuan tentang itu, karena mungkin saja pengembangan ilmu alphanumerik yang lebih advance memang dapat diaplikasikan dalam hal -hal yang menurut saya “aneh”. Analoginya seperti orang yang menguasai pemodelan matematis yang memprediksi suatu gejala alam dengan tepat sementara saya tidak mengerti tentang pemodelan matematis tentu akan menganggap hal tersebut ajaib.

    Akan tetapi bagi orang awam fenomena ini mungkin akan menjerumuskan kepada kesesatan. Untuk itulah saya menyarankan bapak menulis ini kedalam sebuah buku, lengkap dengan referensi-referensinya dan meluruskan masalah aqidah yang terkandung di dalamnya.

    Ass. ww.
    Sebenarnya saya pingin menuliskan dalam bentuk buku…. tetapi saya harus cek dulu … apakah sudah ada yang pernah menulis buku tentang hal ini. Selain itu kesibukan saya yang sudah mulai ngantor … menambah berat rasanya mau menulis .. soalnya tugas-tugas kantor juga terkait dengan penulisan.
    Anyway, thanks atas saran dan dukungannya.
    Wass. ww
    Ali

  15. firdaus said

    saya ingin mengetahui tentang kitab atau buku yang menulis tentang angka atau bilangan kerana ianya berkaitan dengan topic researh saya..
    anda boleh e-mail saya di cychrone@yahoo.com

  16. Hendra said

    Assalamualaikum wr. wb

    Bpk. Ali yth..

    saya minta izin untuk share artikel2x bapak di blog saya boleh tidak? ^_^

    terima kasih

    wassalam

  17. hakimi said

    Bismillah
    Assalamu”alaykum.
    Nama saya Hakimi, pensiunan guru, email saya hakimiindonesia@yahoo.co.id.
    Saya tinggal di Perumahan Pondok Mekar Indah 1 Blok A 1 No.4, Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, Jawa Barat. No Telepon 02648388484, dan No hp saya 0815 4651 4070/081284845546
    Malam ini saya sampai ke blog Bapak dan membaca tentang angka-angka dalam AlQuran.
    Bapak Ali Said Yth. Saya memperhatikan beberapa hal dalam AlQuran. Saya akan menyampaikannya di sini, semoga Bapak sudi membacanya. Dan semoga Bapak bisa memberi komentar tentang apa yang saya sampaikan ini. Saya pernah menulis seperti ini di beberapa blog lain, dan tentu saja pernah saya paparkan kepada mereka yang saya anggap patut untuk membicarakannya tapi komentar yang saya dapat selalu “itu sih utak-atik gathuk”.
    Saya sangat kecewa dengan komentar itu karena saya berpendapat bahwa tidak mungkin AlQuran diturunkan dengan teori seperti itu, apalagi kalau disebut sebagai sebuah “kebetulan”.

    Pertama : Dalam tulisan Arab, kalimat “la ilaha illa Allah”, saya melihatnya terdiri atas 4 kata, lalu kalimat “muhammad rasul Allah” terdiri atas 3 kata.
    Jumlah huruf dalam kedua kalimat itu masing-masing 12. Dan ini merupakan hasilkali 4 dengan 3. 12 dengan 12 jika dikalikan hasilnya 144, dan ketika saya menghitung jumlah huruf dalam Surat AlFatihah, jumlahnya persis sama, 144, dan angka 144 ini jika kita digitkan maka jumlahnya adalah 9, sama persis dengan jumlah lubang yang ada pada tubuh kita. 4 dan 3 juga merupakan jumlah huruf nun dan mim di akhir ayat Surat AlFatihah. Bilangan 4 juga mewakili (Zabur, Taurat, Injil, Quran/Abubakar, Umar, Utsman, ‘Ali/Jibaril, Mikail, Israfil. Izrail, dll fenomena 4 yang ada di masyarakat)
    4 dan 3 juga merupakan jumlah huruf dalam kata bismillah (ba sin mim alif lam lam ha)
    Bilangan 43 ini lengkapnya adalah 4, 3, dan 0 yang merupakan selisih antara 6666 dengan 6236. Tentang 6236 tentu saja itu adalah jumlah ayat dalam Kitab Suci AlQuran, sedangkan angka 6666 adalah jumlah ayat dalam AlQuran menurut kebanyakan orang yang saya jumpai dan saya tanya tentang jumlah ayat AlQuran. Mereka kebanyakan ngotot dengan angka 6666 padahal hanya 6236.

    Masih ada angka-angka lain yang saya temukan dan tidak saya anggap sebagai kebetulan. Namun untuk kali ini sebegini saja dulu. Takut kalau-kalau membosankan.

    Pertanyaan pokok saya, apakah Bapak tahu dari mana sumber angka 6666 ini. Oleh siapa angka ini dimunculkan. Saya menganggap angka ini sangat penting karena bisa jadi kunci untuk mendapat selisih 430.

    Demikian paparan saya, semoga Bapak tidak keberatan membacanya.
    atas perhatian Bapak saya ucapkan terima kasih.

    wassalam
    Hakimi

    Waalaikum salam
    Maaf baru buka blog…
    Saya kira jawabannya sederhana saja dengan kembali bertanya: “Qur’an mana yang anda pakai?” dan minta supaya hitung jumlah ayat seluruhnya. Saya kira tidak ada sumber yang shahih mengenai jumlah ayat 6666, dan kebanyakan orang belum menghitung jumlah ayat dari Quran yang setiap hari dipegangnya. Saya sendiri juga sering dengar kalau ada ustaz yang juga mungkin denger secara turun temurun tanpa pernah mengecek/menghitung sendiri. Maaf sumbernya saya tidak tahu dari mana.

    Wassalaam ww
    Ali

    • Hakimi said

      Terima kasih atas jawaban Bapak. Bapak tidak teliti membaca komentar saya. Terima kasih.

      Ass. ww
      Saya mohon maaf jika jawaban saya sebelumnya tidak memuaskan Bapak. Saya coba beri penjelasan tambahan tentang munculnya informasi yang tidak benar tentang jumlah ayat sebanyak 6666.
      Informasi yang saya peroleh bahwa jumlah 6666 merupakan kebohongan yang disebarkan oleh para Misionaris kristen, dan orang Islam yang tidak paham tentang Al Quran mendengarnya dari mereka dan menyebarkan tanpa pernah menghitung sendiri.
      Dalam teologi Kristen, 666 adalah jumlah bianatang melata (atau monster) seperti yang disebutkan dalam kitab mereka sebagai tanda Anti Yesus. Mereka menambah angka 6 di belakangnya dan lalu menghubungkan Kitab Suci AlQuran dan Nabi Muhammad sebagai Anti-Yesus. Ini hanya salah satu kemungkinan mengapa mereka menyebarkan kebohongan tersebut.
      Buku-buku berikut yang ditulis para ulama klasik menyebukan tentang jumlah ayat Al Quran dan TIDAK ADA SATUPUN yang menyebutkan jumlahnya 6666.
      Adad al-Madani al-Awwal by Nafi’ bin Abd al-Rahman al-Madani
      Adad al-Thani by same author
      al-Adad by ‘Ata bin Yisar
      al-Adad by Hamza al-Ziyyat
      al-Adad by Khalf bin Hisham
      al-Adad by Muhammad bin Eisa
      al-Adad by al-Kisai
      al-Adad by ‘Aasim al-Juhdari
      al-Adad by Khalid bin Ma’daan
      Kitab by Abu Ubaid bin Sallam
      Adad Aai al-Quran by Abu Hafs al-Tabari
      Add Aai al-Quran ‘Ala Madhab Ahl al-Basra by Abu al-Abbas al-Kiali
      al-Bayan fi Add Aai al-Quran by Uthman bin Saeed

      Alloh Maha Mengetahui.

      Semoga tambahan jawaban saya bisa memuaskan Bapak.
      Wassalaam
      Ali

  18. joni said

    gimana caranya biar dikirimi artikel alisaid

  19. ahmad said

    assalamualaikum mas Ali semoga Allaah memuliakan anda beserta seluruh keluarga dan keturunan anda Amin

    saya hanya ingin menanyakan sejarah tentang numerick arabiyah siapa yang memulainya dan siapa pencetusnya sehingga semua menyepakatinya dan apa yang menjadi tolok ukur numerick tersebut seperti huruf HA benilai 9 apa yg menjadi dasar pengangkaan tersebut..
    wasalam

    Wa’alaikum salam ww

    Nilai numerik yang melekat pada masing-masing huruf merupakan suatu yang universal dipahami oleh berbagai kalangan khususnya yang mempelajari sejarah tentang angka dan huruf-huruf dari berbagai bahasa atau script. Jika dilihat secara history, sebenarnya ada keterkaitan antar berbagai huruf yang ada di dunia. Saya sendiri belum menemukan siapa yang pertama kali mentransfer huruf tertentu dengan angka tertentu pula. Tetapi ada beberapa kesamaan nilai numerik huruf arab dengan nilai numerik huruf ibrani (hebrew) yang telah muncul terlebih dahulu sebelum huruf arab. Sejumlah ensiklopedia ada yang membahas tentang nilai numerik dari berbagai jenis huruf. Sebagai bahan bacaan, coba buka link berikut:

    http://www.archimedes-lab.org/numeral.html
    http://www.newworldencyclopedia.org/entry/Chronogram
    http://numerical19.tripod.com/numerical_value.htm
    http://bahai-library.com/essays/abjad.html

    Saya kutip (dalam bahasa Inggris) tentang percakapan orang Yahudi dengan Nabi Muhammad terkait dengan nilai numerik.

    Prophet {S} Teaching of the Abjad Table:

    Jabir bin ‘abd-Allah bin Rabbah said:

    Abu Yasir bin Akhtab was among a group of Jews and passed by the Messenger of Allāh and he was reciting Fatihah, Alif Lam Mim, This is the Book………

    Then his brother Hayy bin Akhtab went to the Jews and said, “By Allah, I heard Muhammad recite what was revealed to him.

    They said, “You heard this? He said, “Yes.” So he walked with this group to the Messenger of Allah and they said, “Did Jibril bring you this from Allah?
    He said, “Yes. They said, “Allah has brought before you Prophets.
    We only know a prophet by the extent of his reign. And what was the extent of his nation. One of them brought what was with him and said,
    “Alif is one,
    Lam is thirty 30 and
    Mim is forty 40 and this is 71 years.
    Do you wish to enter the religion of a Prophet when only the extent of his reign and the age of his nation are only 71 years?
    Then he came to the Messenger of Allah (saw) and said, “O Muhammad, is there anything else besides this? He said, Yes!
    He said, “What is it?
    He recited Alif Lam Mim Sad.
    He said, “This is more!
    He said, “Alif is one, Lam is 30 thirty, Mim is 40 forty and Sad is 90 and this is 161 years.

    He said, “O Muhammad is there more? He said,
    “Yes! He said,
    “What is it?
    He said Alim Lam Ra. He said, “This is more!
    He said, “Alif is one, Lam is 30 thirty and Ra is 200 two hundred which is 231 years.
    He said, “O Muhammad is there more?
    He said, “Yes! He said, “What is it?
    He said Alim Lam Mim Ra. He said, “This is more!
    He said, “Alif is one , Lam is thirty, Mim is 40 forty and 200 Ra is two hundred and this is 271 years.

    They said, “We are confused about your matter,

    O Muhammad, until we have absolutely no ideal what you’ve been given.”
    Then they stood to leave and
    Abu Yasir said to his brother and the rabbis with him,
    “Perhaps it is not known to you because it is all for Muhammad, 71, 61, 100, 231, 271 is 734. and more that was not calculated” They said, “This is confusing to us
    sumber: http://nurmuhammad.com/IlmHuroof/IlmHuroofArticles/HadithofMuqattaat.htm

    Wassalaam ww
    Ali

  20. F.Djohan said

    Assalammu’alaikum mas – mas semua.
    Diskusi yang menarik.
    Numerical Value sudah ada jauh sebelum masa Rasulullah SAW. Para Yahudi menamakannya GEMATRIA
    untuk memberi nilai pada huruf-huruf Hebrew. Para Yunani juga memberikan nilai pada huruf-huruf mereka.
    Kita tidak asing dengan kata ABJAD yang terdiri dari huruf Alif, Ba, Jim dan Dal. Berapa numerical Value dari huruf-huruf ini? Alif = 1, Ba = 2, Jim = 3, dan Dal = 4. ABJAD = 1234. Ini yang membuktikan adanya pemberian nilai pada huruf-huruf Arab.

    Memang, pemberian nilai pada huruf-huruf ini hasil keputusan para ilmuwan Arab jaman itu, tapi saya selalu bertanya, apakah ada campur tangan Allah terhadap ini? Maksudnya, apakah Allah mengilhami mereka dalam pemberian nilai?. Masalahnya begitu banyak keajaiban yang bisa di hasilkan dari hasil penambahan numerical value, yang membuat kita berfikir bahwa “ini bukan suatu kebetulan”.

    Contohnya: Total hasil penjumlahan dari angka-angka total surat-surat Al-Qur’an (1+2+3+4+….112+113+114) = 6555.
    Total Numerical Value nama Nabi kita …MUHAMMAD (Mim = 40 , Ha = 8, Mim = 40, Dal = 4.)= 92.

    Tambahkan Total jumlah dari angka-angka total surat Al-Qur’an dengan Numerical Value nama Nabi.

    6555 + 92 = 6647

    66 adalah Numerical Value nama ALLAH –Alif =1, Lam = 30, Lam = 30, Ha = 5 —– 66
    Apakah 47? ini adalah nomor SURAT MUHAMMAD di Al-Qur’an.

    Jadi hasilnya adalah pendampingan nama ALLAH dan MUHAMMAD.

    Silahkan mas sekalian browse disini.

    http://numerical19.tripod.com/

    Semoga dapat menambah keimanan kita…amiin.

    Wassalammu’alaikum wr wb.
    F.Djohan

  21. [...] setiap huruf dikenal sebagai “nilai numerik (numerical value atau gematrical value)”. Click link ini untuk mengetahui lebih jauh tentang nilai [...]

  22. subhanallah.. gimana caribaginya ya?

  23. [...] setiap huruf dikenal sebagai “nilai numerik (numerical value atau gematrical value)”. Click link ini untuk mengetahui lebih jauh tentang nilai numerik. Setelah mengetahui nilai dari setiap huruf arab [...]

  24. [...] untuk dicermati tentang besi. Perlu dicatat, bahwa pembaca diharapkan terlebih dahulu paham tentang nilai numerik dari huruf arab (click link ini untuk pembahasan apa itu nilai numerik), karena fenomena matematika yang akan [...]

  25. [...] huruf dikenal sebagai “nilai numerik (numerical value atau gematrical value)”. Click link ini untuk mengetahui lebih jauh tentang nilai [...]

  26. [...] huruf dikenal sebagai “nilai numerik (numerical value atau gematrical value)”. Click link ini untuk mengetahui lebih jauh tentang nilai [...]

  27. [...] setiap huruf dikenal sebagai “nilai numerik (numerical value atau gematrical value)”. Click link ini untuk mengetahui lebih jauh tentang nilai [...]

  28. zz said

    izin copas yaa..
    terima kasih

  29. Zein Zeid said

    kalau huruf ta marbutoh abjad numerik nya apa ya??

    Huruf Ta’ Marbutoh abjad numeriknya sama dengan Ha yaitu 5.

    Salam

  30. Anonymous said

    mas bagaimana dengan semua huruf i hijaiyah mulai dari alif – ya

    huruf hijaiyah sekumpulan huruf/ abjad arab yang diurutkan menurut bentuknya.

    Ali

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: