Searching for the truth … Read the Qur’an

ALLAH MAHA BESAR: SEBERAPA BESARKAH ALLAH?

Posted by alisaid on 4 October 2007

Oleh: Ali Said

Seluruh manusia yang beriman pasti mengakui dengan seyakin-yakinnya bahwa Allah itu Maha Besar. Untuk menambah keyakinan tersebut dan sekaligus untuk mengetahui betapa kecilnya seorang manusia, penulis akan ajak berangan-angan atau membayangkan seberapa besar Allah dengan membandingkan bumi yang kita tempati dengan benda-benda yang ada di alam semesta ini. Dengan mengetahui seberapa besar bumi ini dan seberapa besar alam semesta ini, kita akan menemukan jawaban sebesar apa Tuhan yang mencipatakan alam semesta ini, dan tentunya nantinya akan bermuara pada keyakinan kita yang penuh tentang kebesaran dan keagungan Allah.

Pertama-tama marilah kita bandingkan seberapa besar planet Bumi yang kita tinggali ini dengan planet-planet lain. Kalau planet Bumi dibandingkan dengan planet-planet seperti Venus, Mars, Mercuri, dan Pluto, maka planet Bumi ini cukup besar. Jika ibaratnya besarnya Pluto adalah sebesar kelereng, maka bumi ini kurang lebih sebesar bola tennis. Tetapi jika dibandingkan dengan planet-planet seperti Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus, bumi ini akan terlihat sangat kecil. Kalau Jupiter sebesar bola sepak, maka Bumi ini hanya sebesar kelereng. Kemudian jika planet-planet yang lebih besar dari planet Bumi tersebut dibandingkan dengan Matahari, maka planet-planet tersebut terlihat sangat kecil. Jika Matahari sebesar bola sepak, maka Jupiter hanya sebesar kelereng dan bumi akan terlihat seperti “titik” dalam matahri tersebut. Jadi matahari yang merupakan bintang terdekat dengan bumi ini ukurannya besar sekali. Itu baru membandingkan bumi dengan planet lain dan matahari. Selanjutnya jika kita bandingkan lagi besarnya Matahari dengan benda-benda angkasa lain yang berhasil diamati, akan terlihat bahwa matahri ini sangat kecil (untuk melihat gambar tentang ukuran alam semesta di sekitar kita, click www.rense.com/general72/size.htm ). Matahari akan terlihat seperti kelereng jika dibandingkan dengan benda angkasa bernama Arcturus yang diumpamakan sebesar bola sepak. Lalu, Arcturus itu sendiri akan terlihat sebesar kelereng kalau dibandingkan dengan benda angkasa bernama Antares yang diumpakan sebesar bola sepak. Itu baru benda-benda angkasa disekitar kita (yang berhasil diamati manusia). Padahal di alam semesta ini ada banyak galaksi yang merupakan kumpulan jutaan bintang-bintang yang bertebaran di alam semesta ini. Bumi, planet lain dan matahari merupakan salah satu bagian dari sebuah galaksi. Singkatnya, karena Allah menciptakan alam semesta ini, tentu Dia lebih besar dari alam semesta ini. Masih berani berlaku sombongkah kita setelah mengetahui betapa kecil diri kita ini dan betapa Maha Besar Allah pencipta alam semesta ini. Kita tidak bisa membayangkan begitu besarnya Allah karena alam semesta ciptaanNya begitu kecil bagiNya. Maka tiada kata yang lebih tepat selain mengucapkan “Allahu Akbar”, Allah Maha Maha besar.

10 Responses to “ALLAH MAHA BESAR: SEBERAPA BESARKAH ALLAH?”

  1. Anonymous said

    Asalamualaikum.Komentar yg akn sya jelaskan d cni,Allah itu Maha Besar.Tuan memng pndi menyampaikan sesua2 dgn bernas.Jd,adalah sesuai tuan dipanggil seorg ilmuwan.Namun,tuan perlu tau.Kebesaran Allah i2 hnya dpt d rasai dgn adanya kalimah laa ilaha ilallah dlm diri kta.Wallahuallam..

  2. Allahu Akbar…….

  3. […] benda angkasa yang lain dan juga telah ditunjukkan betapa besarnya alam semesta ciptaan Allah ini (Baca artikel “Allah Maha Besar), selanjutnya penulis ajak untuk merenungkan seberapa besar terompet yang akan ditiup oleh Malaikat […]

  4. SUBHAANALLOH , ALLOOHU AKBAR

  5. Abdurrahman said

    Assalamuálaikum..pembahasan ini memang sangat menarik,seolah-olah semuanya bisa di jangkau dengan akal manusia.
    akal memang penting untuk memahami al-quran dan hadis tapi jangan sampai membahas sampai batas kaifiat,seperti seberapa besar Allah,seberapa besar terompet israfil atau atau bagaimana Allah bersemayam di atas Ars,semuanya itu sesuatu gaib yg tidak akan bisa di jangkau akal manusia.”Al-qurán dan Hadis disesuaikan dengan Akal bukan sebaliknya.assalam

    Wassalaamu’alaikum ww

    Terima kasih atas komentarnya dan sya sependapata dengan Anda. Tapi yang jelas tidak ada maksud dalam tulisan ini mengukur seberapa besar Allah, karena inti dari tulisan ini adalah kita hanya bisa menyebut Allah Maha Besar. Manusiapun tidak bisa mengukur sebesarapa besar alam semesta ini.

    Wassalaamu’alaikum ww

  6. Totok Jogja said

    Aqidah yg saya yakini Alloh SWT bukan makhluk yg memiliki dimensi, tempat, dan sifat makhluk lainnya..

    Ass. ww
    Saya setuju dengan anda, apa yang saya sajikan di sini tidak sedang menafsirkan atau mendeskripsikan bahwa Alloh memiliki dimensi atau menyamai sifat makhluknya. Apa yang saya sajikan adalah bahwa untuk melihat kebesaran Alloh adalah dengan melihat ciptaanNya seperti yang disitir di beberapa ayat AlQuran., dan disitulah kita bisa melihat kebesaran Alloh betapa Alloh Maha Besar dan seluruh ciptaanNya tentunya kecil bagiNya

    Wass. ww

  7. Anonymous said

    Maha Besar dalam arti kekuasaan bukan bentuk/fisik

  8. pak long said

    Allah maha besar apabila kita membesarkannya. sebab apa yang kita lafazkan hanyalah dikembalikan kepada kita (makhluk) jika kita tidak membesarkan Allah swt sekali pun Allah tidak akan memudaratkanNYa Besarnya Allah tidak ada hadnya, tidak ada wal dan akhirnya.. tidak bertepi dan tidak ada persamaanya sebagaimana kewujudaNYa. tanpa ada yang dapat memimikirkannya.. oleh itu besarnya Allah ada kepada sesiapa yang mengenal TuhanNYa. lagi jauh dan jelas seseorang itu kenal Tuhannya maka lagi besar perasaannya kepada Tuhannya. Wallahuaqlam.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: